facebook pixel

Ketika Mobil Listrik Tesla Disandingkan dengan Kendaraan Lokal 'Selo'

Mobil listrik Tesla disandingkan dengan Selo (Foto: Nurul Arifin/Okezone)

Mobil listrik Tesla disandingkan dengan Selo (Foto: Nurul Arifin/Okezone)

SURABAYA - Tidak banyak yang memiliki mobil listrik Tesla di Indonesia. Mobil produksi pabrikan Amerika Serikat itu didatangkan ke Indonesia melalui importir umum (IU) sejak tahun lalu.

Salah seorang pemiliknya adalah Dahlan Iskan yang membeli sedan Model S silver. Mobil Tesla yang menjadi tunggangannya dibeli seharga Rp4 miliar. Seolah ingin mengembalikan masa kejayaannya saat masih menjadi Menteri BUMN, ia menyandingkan Tesla Model S-nya dengan mobil listrik Indonesia ‘Selo’ yang sempat dikembangkan oleh Kementerian BUMN pada 2012. Gara-gara mobil listrik ini, ia tersangkut persoalan hukum.

“Ternyata mobil listrik memang ada. Di Amerika sekarang mobil listrik diproduksi massal dan maju," katanya, di Surabaya, Jumat (12/5/2017).

Pertumbuhan mobil listrik di AS, kata dia, begitu cepat. Bahkan, mengalahkan mobil berbahan bakar minyak. Di Amerika, produksi mobil listrik dalam setahun mencapai 700 ribu unit.

Ia membayangkan Indonesia juga mengembangkan mobil listrik. "Cuma kehilangan kesempatan karena jadi perkara hukum," keluhnya.

(ton)