facebook pixel

Seperti Apa Mobil Kepresidenan Prancis yang Baru?

Presiden Prancis Emmanuel Macron menggunakan DS 7 Crossback saat pelantikannya (Motor1)

Presiden Prancis Emmanuel Macron menggunakan DS 7 Crossback saat pelantikannya (Motor1)

PARIS - Presiden Prancis yang baru dlantik Emmanuel Macron menggunakan kendaraan crossover all new DS 7 Crossback saat pelantikan. Model kendaraan ini sudah diperkenalkan ke publik dua bulan lalu. DS 7 Crossback merupakan mobil produksi DS Automobiles, merek kendaraan premium di bawah naungan Citroen. 

Tentu saja DS 7 Crossback yang digunakan oleh Macron tidak sama dengan kendaraan yang dijual untuk publik. Mobil kepresidenan itu sudah dipasang sun roof custom, badge penanda Republik Prancis, dan tiang bendera mini. Cat bodinya juga spesial yakni biru tinta dengan interior hitam yang diberi nama 'Opera Inspiration'. Pelek menggunakan bahan alloy 20 inci.

Tak disebutkan spesifikasi dari jantung penggerak mobil kepresidenan tersebut. Namun DS Automobiles selaku produsen menyatakan bahwa sebagian teknologi mobil presiden juga akan digunakan pada DS 7 Crossback yang dijual untuk umum. Di antara teknologi tersebut adalah DS Connected Pilot yang merupakan pintu masuk menuju teknologi mobil otonom serta DS Active Scan Suspension yang memanfaatkan kamera untuk membaca permukaan jalan. Rencananya DS 7 Crossback akan mulai dijual untuk masyarakat umum pada Januari 2018.

Namun presiden termuda Prancis setelah Napoleon Bonaparte ini bukan orang nomor 1 di Prancis pertama yang menggunakan merek DS sebagai kendaraan dinas. Jenderal Charles de Gaulle pada 1960-an, Claude Pompidou di awal 1970-an, lalu selanjutnya Giscard d’Estaing, Francois Mitterand, dan Jacque Chirac pada 1995, juga menggunakan merek Citroen/DS. Hanya saja jenis dan model kendaraannya berbeda satu sama lain.

Mobil kepresidenan Prancis akan dipamerkan mulai 16 Mei di ajang DS World di Paris. Sementara itu DS 7 Crossback untuk publik akan dijual pada awal 2018 dengan menggunakan pilihan mesin hybrid.

(ton)