facebook pixel

Meluncur Tahun Depan, Lamborghini Urus Bertenaga 650 HP

Lamborghini Urus (Carscoops)

Lamborghini Urus (Carscoops)

BOLOGNA - Produsen mobil yang berbasis di Bologna, Italia, Lamborghini, memutuskan untuk kembali bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) dengan produk barunya, Urus. Keputusan ini cukup beralasan mengingat pasar SUV premium sedang diminati di pasar global. Sebelumnya Lamborghini pernah memiliki SUV namun produksinya dihentikan pada 1993. 

Hingga sekarang, belum ada spesifikasi lengkap dari Urus, namun CEO Lamborghini, Stefano Domenicali, baru berani menguak mesin yang akan dibenamkan di bawah kap mobil. Dilaporkan Automotive News, Urus akan menggendong mesin 4,0 liter biturbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 650 hp. Sementara varian plug-in hybrid dengan tenaga yang lebih besar lagi akan hadir sekira kuartal kedua 2019.

Lamborghini mulai memproduksinya pada April 2017 di pabrik Sant'Agata Bolognese. Perusahaan berencana membangun 1.000 unit Urus pada 2018 dan meningkatkan volume produksi menjadi 3.500 unit pada 2019. Penjualan di Amerika Serikat akan dimulai pada kuartal ketiga 2018.

Meski Urus bertenaga 650 hp, tapi bukan berarti Lamborghini akan fokus membuat model SUV tercepat di lintasan Nurburgring. Perusahaan mengklaim Urus lebih ramah keluarga dan memiliki kinerja yang mumpuni.

Di pasar SUV premium, Urus tidak bermain sendiri, sebelumnya sudah ada Jeep Grand Cherokee Trackhawk dengan kemampuan melaju di atas aspal sekuat 707 hp. Sumbernya berasal dari mesin V8 6,2 liter. Akselerasinya  dari 0 sampai 97 kilometer per jam hanya dalam 3,5 detik.

Selain itu, pesaingnya juga datang dari Porsche dengan Cayenne. Mobil ini dibekali mesin 4,0 liter biturbo V8 yang dihubungkan ke motor listik. Ketika keduanya bekerja secara bersamaan, tenaganya mencapai 671 hp. (san)

(ton)