facebook pixel

Begini Jadinya jika Bentley Bentayga Direkayasa Menggunakan "Roda Tank"

Bentley Bentayga (Foto:Carscoops)

Bentley Bentayga (Foto:Carscoops)

LONDON - Desainer Rain Prisk kembali memperlihatkan hasil karya terbarunya. Kali ini yang menjadi sasaran adalah sport utility vehicle (SUV) Bentley Bentayga. Mobil asal Inggris itu dipasangi roda yang mirip dengan dimiliki oleh tank menggantikan pelek dan ban karet. Hal tersebut dimaksudkan agar mobil dapat melaju di atas permukaan salju.

Prisk berangan-angan mobil ini tidak hanya bisa melaju tapi mampu merangkak di pegunungan salju. Sebagai pelengkap, dirinya juga membuat desain roof rack sebagai ruang tambahan untuk meletakkan barang bawaan. Selain itu ditambahkan penerangan yang berguna untuk menerangi jalan saat mobil melaju dalam kondisi cahaya yang minim.

Bentley Bentayga beroda tank hanyalah hasil goresan tinta di atas kertas dalam bentuk digital, jadi sebenarnya kendaraan ini tidak ada. Prisk mendesainnya hanya sekadar ingin menunjukkan karyanya yang mungkin saja bisa menjadi acuan dalam membuat kendaraan salju.

Mobil beroda tank untuk jalan bersalju pernah ditunjukkan oleh Kia dalam bentuk konsep. Mobil yang diberi nama Sorento Ski Gondola itu dipamerkan dalam ajang SEMA di Las Vegas, Amerika Serikat, November 2016. Menariknya mobil asal Korea Selatan itu menggunakan teknologi otonom. Tidak ada setir, pedal gas, dan rem. Mobil dikendalikan secara otonom oleh komputer. Penumpang tinggal duduk dan menikmati perjalanan.

Untuk mengendalikan mobil, ada satu tablet yang terletak di antara dua jok. Dari tablet itu semua pengoperasian kendaraan dikontrol, termasuk mengaktifkan fitur-fiturnya.

Mobil ini dilengkapi dengan rail roof untuk membawa perlengkapan ski serta desain pintu suicide atau tanpa pilar B. Hal ini untuk mempermudah akses masuk-keluar penumpang.

Ada juga Nissan X-Trail. Layaknya kendaraan offroad di medan tanah, Nissan X-Trail memiliki sistem penggerak 4WD. Sistem penggeraknya diklaim mampu melahap medan menanjak dengan sudut kemiringan 45 derajat. Bahkan, SUV tersebut mampu melesat dengan kecepatan 100 kilometer per jam. (san)

(ton)
​