facebook pixel

Video Ini Membuktikan Bagaimana Cepatnya Mobil F1

Adu cepat mobil F1, V8 Supercar, dan Mercy AMG SL 63 (Youtube)

Adu cepat mobil F1, V8 Supercar, dan Mercy AMG SL 63 (Youtube)

JAKARTA - Mungkin penikmat balap hanya sebatas tahu bahwa mobil Formula One (F1) sangat cepat. Tapi seberapa cepat kah? Tayangan video ini mungkin bisa memberikan gambaran mengenai kecepatannya.

Video menunjukkan perbandingan bagaimana cepatnya mobil F1 ketika diadu dengan mobil sport balap V8 Supercar dan mobil sport standar yang dijual untuk umum yakni Mercedes Benz AMG SL 63 model 2013 di sirkuit.

Mulanya, Mercedes Benz AMG SL 63 start terlebih dulu, disusul 16 detik kemudian dengan V8 Supercar. Paling akhir mobil F1 melaju 29 detik setelah V8 Supercar.

V8 Supercar dan F1 memang sama-sama mobil balap. Namun ada perbedaan pada tenaga bobot kendaraan.

Faktor aerodinamika pada mobil F1 juga sangat menentukan. Hal ini terlihat saat mobil melaku di tikungan. Meski berbelok namun mobil tetap bisa melaju cepat. Berbeda dengan mobil sport standar bahkan mobil balap yang harus menurunkan kecepatan.

"Daya cengkram (ban) juga lebih baik," kata komentator, di video tersebut.

Ditambahkannya, mobil F1 bisa melaju hingga kecepatan 290 kilometer per jam di trek lurus.

Tidak butuh waktu lama bagi V8 Supercar dan F1 untuk menyusul Mercedes. Pada 1,5 menit setelah F1 start, V8 Supercar sudah membuntutui di belakang Mercedes. Beberapa detik kemudian, munculan F1 dari tikungan lalu melesat di trek lurus mengejar kedua lawannya.

Uji ketangguhan tiga mobil ini diketahui digelar selama beberapa tahun. Tentunya catatan waktu setiap tahun akan berbeda menyesuaikan perkembangan spesifikasi mesin dari masing-masing kendaraan.

Berikut videonya:

(ton)
​