Image

Serunya Mahasiswa Mercu Buana Belajar Konvergensi Media di Okezone Goes to Campus

Foto: Dede Kurniawan/Okezone

Foto: Dede Kurniawan/Okezone

JAKARTA - Ratusan mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) menyaksikan secara langsung produksi program live streaming Redaksi Kebon Sirih (Redbons) dalam acara Okezone Goes to Campus.

Pada kesempatan tersebut, mereka sekaligus belajar mengenai konvergensi media yang belakangan ini berkembang pesat.

"Satu titik yang menjadi awal new media, yakni dari penemuan teknologi komunikasi," tutur Pemimpin Redaksi Okezone, M Budi Santosa, di UMB, Rabu (17/5/2017).

Budi menjelaskan, kemunculan internet membuat media berkembang karena bisa menyajikan konten dengan berbagai informasi. Artinya, informasi tidak hanya berbentuk teks yang menjadi ciri media cetak atau audiovisual yang menjadi ciri televisi. Lebih lanjut, new media bisa keduanya sekaligus.

"Di Okezone kami sudah menerapkan media konvergensi. Ada konten teks, foto, bahkan video. Inilah yang membuat media online sangat berkembang saat ini," paparnya.

Materi mengenai new media tersebut membuat peserta antusias untuk mengajukan sejumlah pertanyaan. Salah satu mahasiswa bernama Safira mengungkapkan, pengetahuan mengenai new media penting, terutama di tengah maraknya informasi palsu atau hoax.

"Kita sebagai mahasiswa jadi tahu bagaimana menggunakan new media dengan bijak. Harapannya ke depan lebih bisa memilah informasi, tidak asal percaya," pungkasnya usai acara.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x