Pemred Okezone Bagikan Ilmu Menjadi Jurnalis Beretika

Foto: Dede Kurniawan/Okezone

Foto: Dede Kurniawan/Okezone

JAKARTA - Profesi jurnalis punya potensi besar di tengah perkembangan media. Kendati demikian, mahasiswa yang punya minat melakoni profesi ini harus belajar menjadi seorang jurnalis yang baik dan beretika.

Pada acara Okezone Goes to Campus di Universitas Mercu Buana (UMB), Pemimpin Redaksi Okezone.com, M Budi Santosa memberikan tips untuk menjadi jurnalis yang handal, namun beretika. Menurut dia, ada dua pegangan yang harus dipatuhi oleh setiap jurnalis.

"Dalam bekerja secara profesional, jurnalis pegangannya ada dua, yaitu Undang-Undang Pers dan kode etik jurnalistik. Nah, untuk empati ini ranahnya di kode etik," ucapnya di hadapan ratusan mahasiswa UMB, Rabu (17/5/2017).

Dia mencontohkan, pada saat seorang jurnalis meliput peristiwa kecelakaan, maka sesuai dengan etika jangan sampai pihak korban yang langsung diwawancarai. Informasi bisa dicari dari level narasumber kedua, seperti saksi atau pihak kepolisian.

"Kemudian dalam meliput, jurnalis harus secara terang-terangan mengaku bahwa dirinya seorang wartawan. Cara mencari narasumber juga harus diatur, dan kredibel memberikan informasi," sebutnya.

Selama diskusi berlangsung, sejumlah mahasiswa pun aktif mengajukan berbagai pertanyaan dengan narasumber yang hadir. Acara ini juga dimeriahkan oleh penyanyi jebolan Indonesian Idol, Dera Siagian.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x