Ujian SBMPTN Diklaim Berjalan Lancar

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) mengklaim pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berjalan lancar. Sebab tidak ada komplain dari peserta yang masuk pada panitia.

Untuk jumlah total peserta tes SBMPTN di Unair sendiri mencapai 6.400 orang, baik paper based test (PBT) maupun computer based test (CBT). Mereka mengikuti tes yang tersebar di kampus A, B, dan C.

Rektor Unair Mochammad Nasih menyatakan, sejauh ini pelaksanaan tes SBMPTN berjalan lancar. Ini CBT semua tidak ada masalah, dan semua berjalan lancar karena tidak ada komplain yang masuk.

Pihaknya menjamin pengerjaan soal tes SBMPTN berbasis komputer berlangsung aman dan lancar. Sebab setiap komputer di lokasi dihubungkan dengan jaringan intranet, sehingga setiap peserta CBT SBMPTN bisa langsung mengakses soal-soal tanpa perlu khawatir dengan gangguan dari luar.

“Setiap lokasi kita siapkan soalnya sehingga jaringannya memang tidak tersambung jadi satu. Kami gunakan jaringan intranet bukan internet. Jadi, Insya Allah tidak ada masalah,” terang Nasih, Rabu (17/5/2017)

Menurutnya, dari ribuan peserta yang mengikuti tes SBMPTN di Unair, sebanyak 855 di antaranya mengikuti CBT. Pelaksanaan CBT tersebar di sembilan fakultas yang memadai untuk digunakan sebagai lokasi ujian tulis berbasis komputer.

“Pelaksanaan tes SBMPTN dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama, peserta tes kelompok IPA dan campuran terlebih dulu mengerjakan soal-soal. Sesi kedua, peserta tes semua kelompok ilmu mengikuti tes kemampuan potensi akademik. Sedangkan sesi ketiga, giliran peserta tes kelompok IPS dan Campuran mengerjakan pertanyaan tes,” papar Nasih.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x