Image

Dari 40.894 Peserta, Kuota Penerimaan SBMPTN di Yogya Hanya 2.657

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

YOGYAKARTA - Daya tampung dari lima kampus di Yogyakarta yang menerima mahasiswa baru hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) cukup terbatas. Artinya, hanya sebagian kecil dari peserta yang mengikuti tes bisa diterima pihak kampus.

Untuk Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sendiri hanya menerima sebanyak 2.657 mahasiswa. Begitu juga dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hanya menerima 1.860 mahasiswa.

Sedangkan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta hanya menerima 500 orang. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menerima 908 orang. Terakhir di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta hanya menerima 106 orang.

Sementara yang melakukan pendaftaran dan ujian serempak hari ini sebanyak 40.894 peserta. Paserta melakukan test di lima kampus berstatus negeri di Yogyakarta itu.

Rektor UGM Dwikorita Karnawati mengaku jumlah peserta yang mendaftar jauh lebih banyak. Namun, panitia seleksi memberi batasaan atas jumlah pendaftar yang begitu banyak.

"Daya tampung dan jumlah peralatan terbatas sehingga tidak bisa seluruh pendaftar diterima mengikuti tes," kata Dwikorita.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x