Daftar Ulang SNMPTN, Teliti Persyaratan Berkasnya Ya

Foto: Dok Unair

Foto: Dok Unair

JAKARTA - Para lulusan SMA/SMK yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) mulai melakukan pendaftaran ulang di kampus masing-masing.

Hal yang sama juga dilakukan oleh ratusan calon mahasiswa baru (camaba) yang memadati Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C, Unair sejak Rabu 17 Mei 2017 pagi. Dalam SNMPTN tahun ini, Unair menerima sejumlah 1.865 camaba.

Dalam proses daftar ulang ini, camaba harus membawa fotokopi legalisir dan dokumen asli ijazah/surat keterangan lulus, SKHUN/SKHUN sementara, Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir, Surat Keterangan dari RT/RW, dan fotokopi Kartu Susunan Keluarga.

Selain itu, mereka juga harus membawa pas foto berwarna dan surat pernyataan bebas narkotika dan obat-obatan terlarang. Di setiap loket ketika daftar ulang, camaba menunjukkan berkas-berkas yang dibawa.

Kepala Seksi Registrasi Direktorat Pendidikan, Aris Setiawan, mengatakan, berdasarkan proses daftar ulang yang telah dilakukan, sejumlah camaba kurang teliti dalam membaca panduan. Sehingga ada berkas-berkas yang terlewat untuk dibawa.

“Data harus dibawa. Kadang anak-anak kurang teliti membacanya,” kata Aris seperti dilansir dari laman Unair, Kamis (18/5/2017).

Proses pendaftaran ulang ini akan berlangsung hingga hari Jumat 19 Mei 2017. Aris menambahkan, camaba yang tidak melakukan daftar ulang hingga tanggal yang ditentukan dinyatakan gugur sebagai mahasiswa Unair.

“Yang tidak melakukan daftar ulang sampai tanggal 19 dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa Unair,” ujar Aris.

Listi Budiarti, camaba asal Kalimantan Selatan mengaku lega bisa mengikuti proses daftar ulang. Tandanya, satu tahap telah dilalui sebelum ia secara resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Unair.

“Senang banget diterima di Unair dan mengikuti proses daftar ulang. Informasi seputar daftar ulang cukup bisa dipahami,” tutur alumnus SMAN 1 Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan itu.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x