Image

Ribuan Calon Mahasiswa Seni & Olahraga Jalani Uji Keterampilan

Foto: Dok Unnes

Foto: Dok Unnes

JAKARTA - Calon mahasiswa baru yang memilih jurusan seni dan olahraga di Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti uji keterampilan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Uji keterampilan dilakukan di dua tempat yakni di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) untuk jurusan Keolahragaan, dan di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) untuk jurusan seni.

Peserta yang memilih program studi (prodi) seni musik mengikuti ujian berupa tes musikalitas dan tes praktik instrumen. Sementara peserta jurusan seni drama menjalani tes praktik monolog dan tes kreativitas.

Untuk peserta dari keempat cabang ilmu seni tersebut sama-sama mengerjakan tes pengetahuan dan wawasan seni.

Para peserta SBMPTN 2017 pada bidang keolahragaan juga akan menjalani serangkaian tes. Pertama, yakni pemeriksaan kesehatan yang terdiri atas pengukuran antropometri (tinggi badan berdiri, tinggi badan duduk, berat badan, indeks massa tubuh/BMI), pemeriksaan postur dan anggota gerak (tangan dan kaki), pemeriksaan jantung, pemeriksaan fungsi pernapasan, dan pemeriksaan indera.

Tes kedua pada uji keterampilan 2017 adalah mengenai keterampilan motorik dengan cara vertical jump satu menit, sit-up satu menit, dan push-up satu menit.

Kemudian peserta juga akan mengikuti tes kelincahan (illinois agility run test) berupa koordinasi mata tangan 30 detik, dan lari 1.600 meter.

Uji keterampilam ini diikuti oleh 2.547 peserta yang terdiri dari bidang olahraga 1.524, bidang seni rupa 659, bidang seni tari 155 dan bidang seni musik 209. Yang menarik pada uji keterampilan ini nilai dilakukan secara transparan, score langsung dimunculkan dan semuanya bisa melihat.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat monitoring uji keterampilan di FIK Unnes mengatakan, uji keterampilan jadi salah satu cara untuk mencari bibit unggul di bidang seni dan olahraga.

Selain mengikuti rangkaian uji keterampilan SBMPTN 2017, para peserta juga wajib melakukan pemeriksaan kesehatan. Proses tersebut dilaksanakan oleh tenaga kesehatan di tempat layanan kesehatan resmi se-Indonesia sejak dua hari sebelum sampai dengan hari pelaksanaan ujian keterampilan.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x