facebook pixel

TOP AUTOS: Koenigsegg Agera RS yang Hancur Ternyata Pesanan Konglomerat AS

Koenigsegg Agera RS (Carscoopd)

Koenigsegg Agera RS (Carscoopd)

STOCKHOLM - Merupakan hal yang lazim jika produsen hypercar memproduksi unit mereka dalam jumlah terbatas. Hal ini untuk menonjolkan sisi keeksklusifan dari produk yang mereka buat. Hal ini pun dilakukan produsen asal Swedia, Koenigsegg. Salah satu model hypercar yang saat ini sedang diproduksi adalah Koegnigsegg Agera RS yang hanya dibuat 25 unit di dunia.

Setiap mobil yang akan dikirim ke konsumen akan diuji terlebih dulu, termasuk perdormanya, guna memastikan tidak ada cacat.

Namun salah satu unit Koenigsegg Agera RS pesanan konsumen dari Amerika Serikat (AS) yang hendak dikirim mengalami kecelakaan. Pengujian dilakukan di trek khusus. Mobil masuk ke parit sehingga mengalami keruskan pada bagian depan dan belakang.

Beruntung tidak ada korban jiwa, penumpang dan pengemudi hanya mengalami luka ringan saja. Kerusakan tidak sampai

menjalar ke struktur mobil, sehingga masih ada celah untuk diperbaiki. Saat ini mobil tersebut tengah menjalani perbaikan.

Rupanya mobil tersebut sedianya akan dikirim ke seorang konglomerat asal AS, Manny Khoshbin. Hal tersebut diketahui dari akun Instagram resmi Koenigsegg yang menyebut nama Manny Khoshbin lengkap dengan foto mobil yang sedang menjalani perbaikan.

Pihak Koenigsegg sudah memberitahu Khoshbin soal insiden tersebut. Setelah itu keduanya sepakat bila mobil tersebut diperbaiki secara menyeluruh. Tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.

Pihak Koenigsegg menyatakan pengemudi kehilangan kendali saat melintas di trek yang basah. Perusahaan pun menepis bahwa kecelakaan itu diakibatkan kesalahan pada sisi mekanik.

Dalam kondisi standar, Koenigsegg Agera RS diperkuat mesin 5 liter, V8, twin-turbocharged, yang mampu memproduksi tenaga 1.160 hp serta memiliki torsi 944 lb-ft. Namun unit yang dikirim untuk konsumen di AS tersebut sudah mengalami perubahan sehingga tenaganya menjadi 1.360 hp dengan torsi 1.011 lb-ft. (san)

(ton)
​