KISAH: Queenie, Satu-satunya Gajah di Dunia yang Mahir Bermain Ski Air

Queenie, satu-satunya gajah di dunia yang mahir bermain ski air. (Foto: Vintage News)

Queenie, satu-satunya gajah di dunia yang mahir bermain ski air. (Foto: Vintage News)

QUEENIE adalah gajah betina Asia yang lahir di Thailand pada 1952. Satu hal yang menjadikan ia istimewa adalah keahlian Queenie bermain ski air.

Bahkan, kemampuan tersebut melambungkan nama Queenie ke puncak ketenaran. Tak heran, Queenie adalah satu-satunya gajah di dunia yang mampu bermain ski air. Setelah ketenarannya mendunia, Queenie pun diimpor ke Amerika Serikat dan dijual oleh salah satu toko binatang di New York.

Dinukil dari Vintage News, Jumat (19/5/2017), pada usia enam bulan, Queenie dibeli oleh Bill Green dan anak perempuannya, Elisabeth. Ia lalu dibawa ke sebuah kebin binatang pribadi di Vermont. Karena sensasinya, proses jual beli Queenie bahkan disiarkan oleh program televisi 'The Today Show'.

Ikatan antara Queenie dan Elisabeth menjadi daya tarik bagi publik. Mereka menghibur para penonton dengan bermain ski air, harmonika dan bahkan berdansa. Keduanya pun menjadi bintang di berbagai acara festival seantero negeri. Bahkan, Queenie dan Elisabeth juga tampil di beragam acara televisi dan sirkus.

Elisabeth menyatakan, Queenie tidak pernah diperlakukan semena-mena selama pertunjukan. Ia mengklaim, gajah itu memang menyenangi ski air. Bahkan, Queenie juga sering menyemprotkan air dari belalainya karena amat menikmati bermain air.

Titik balik karier ski air Queenie adalah ketika ia mengalami kecelakaan di Pittsburgh, Pennsylvania. Kala itu ia tengah beraksi di Festival Bicentennial. Queenie jatuh dari papan skinya dan harus diangkat dari air menggunakan crane. Meski semua orang panik dan berpikir Queenie akan mengalami trauma, ternyata ia justru menikmati saat 'mandi'-nya itu.

Selama masa jayanya, Queenie tak hanya tampil di berbagai acara televisi, tetapi juga menjadi bintang iklan untuk Mercury Outboard Motors Company. Ia lalu dijual kepada tim pertunjukan gajah di Michigan pada 1967. Kemudian pada 1981, Queenie dijual lagi ke Sirkus Gatti.

Queenie pensiun dari sirkus pada 2003. Ia lalu dikirim ke taman hiburan Wild Adventures di Georgia untuk menikmati masa pensiunnya.

Pada usia 59 tahun, salah satu binatang berbakat itu harus disuntik mati karena masalah kesehatan yang serius. Ia diyakini merupakan gajah Asia tertua yang pernah hidup di Amerika Utara.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x