Image

Anak Terlibat Penggelapan, Pejabat Senior Perpajakan Australia Disidik

Wakil Komisioner Kantor Pajak Australia Michael Cranston (Foto: Mick Tsikas/Reuters)

Wakil Komisioner Kantor Pajak Australia Michael Cranston (Foto: Mick Tsikas/Reuters)

SYDNEY – Wakil Komisioner Kantor Pajak Australia (ATO), Michael Cranston, terancam dakwaan dugaan penggelapan pajak. Ia dianggap terlibat dalam aksi pelanggaran pajak yang melibatkan putranya, Adam Cranston.

Sang putra bersama delapan orang temannya ditangkap dalam sebuah penggerebekan yang dilakukan pihak kepolisian. Sejumlah uang tunai, mobil mewah, dua unit pesawat kecil, senjata, dan anggur merah berkualitas disita polisi sebagai barang bukti.

Michael Cranston diyakini sengaja mengakali sistem perpajakan ATO sesuai permintaan Adam. “Kami menduga dia telah melakukan penyalahgunaan jabatan sebagai pelayan publik dan pejabat senior di Australia,” tutur Wakil Komisioner Kepolisian Federal Australia (AFP), Leanne Close, di Markas Besar AFP di Sydney, Kamis (18/5/2017).

Otoritas belum menjatuhkan dakwaan apa pun terhadap Michael Cranston yang wajib memenuhi panggilan persidangan bulan depan. Polisi menduga Adam Cranston bersama delapan orang kawannya mengalihkan dana pembayaran pajak dari sejumlah perusahaan ke banyak anak perusahaan.

Pria berusia 30 tahun itu dituduh menipu ATO sebesar 165 juta dolar Australia (setara Rp1,5 triliun) dalam bentuk pajak terutang. Sembilan orang itu ditangkap pada Rabu 17 Mei 2017 dan didakwa melakukan tindakan penggelapan pajak sekaligus pencucian uang.

Polisi membekukan lebih dari 100 rekening bank dan saham gabungan untuk keperluang investigasi. Kepolisian menyita 25 unit mobil, dua pesawat kecil, 12 unit sepeda motor, beberapa pucuk senjata, perhiasan, lukisan, dan beberapa botol anggur berkualitas dari tangan sembilan orang tersangka.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x