Image

Patung Jenderal Soedirman Tandai Eratnya Hubungan Pertahanan Jepang-Indonesia

Foto Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii (Foto: Wikanto/Okezone)

Foto Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii (Foto: Wikanto/Okezone)

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini menerima surat tugas (credential letter) dari sejumlah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara sahabat. Salah satunya adalah Duta Besar Jepang Masafumi Ishii.

Pria berkacamata itu tampak tersenyum lebar dan dalam mood yang bagus saat menyambut tetamu pada perayaan Hari Jadi Pasukan Bela Diri Jepang di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Mei 2017.

"Saya sangat ingin meningkatkan hubungan bilateral Jepang dengan Indonesia dalam berbagai bidang. Itu tugas pertama saya," tutur Masafumi, Jumat (19/5/2017).

Ia mengaku diberi petuah oleh Presiden Jokowi untuk memperkuat hubungan serta menambah proyek ekonomi. Khusus untuk bidang pertahanan, relasi Indonesia dan Jepang ditandai dengan patung Jenderal Soedirman di kantor Kementerian Pertahanan di Tokyo.

"Ada patung Jenderal Soedirman di kantor Kementerian Pertahanan Jepang. Itu adalah patung tokoh asing pertama yang ada di Kementerian Pertahanan kami," tutup Duta Besar Masafumi Ishii.

Selain itu, hubungan militer Indonesia dan Jepang diperkuat oleh fakta bahwa Pasukan Bela Diri Jepang pernah ikut misi perdamaian PBB di Tanah Air. Bahkan, pasukan yang dibentuk pada 1954 itu sudah empat kali terlibat misi perdamaian di Indonesia. 

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x