Dubes Jepang Ingin Indonesia Bantu Atasi Korea Utara

Foto bendera Korea Utara (Foto: Reuters)

Foto bendera Korea Utara (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dekatnya hubungan dan kerjasama antara Indonesia dengan Jepang tergambar nyata dari sejumlah proyek dan investasi di Tanah Air. Hubungan kedua negara sangat strategis untuk kerjasama dalam menangani berbagai isu kawasan dan global.

Isu paling nyata dalam beberapa pekan terakhir adalah ketegangan di Semenanjung Korea. Sebagai negara yang terkena dampak langsung, Jepang amat berharap ketegangan berkurang. Hubungan erat antara Indonesia dengan Korut diharapkan berkontribusi dalam meredakan ketegangan.

"Ya, tentu saya berharap Indonesia mampu membantu mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea. Saya yakin Indonesia mau membantu," tutur Duta Besar Jepang Masafumu Ishii kepada awak media di Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Selain Indonesia, Jepang juga berharap pada bantuan negara yang masuk dalam aliansi Sekutu, yakni Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel). Masafumi mengaku resah dengan tindak-tanduk Korut.

"Korea Utara mengancam keamanan kawasan. Kami sangat ingin bekerja dengan sekutu lainnya untuk isu Korea Utara," tutup Masafumi Ishii.

Pernyataan tersebut disampaikan Ishii dalam rangka Perayaan Hari Jadi Pasukan Bela Diri Jepang ke-63 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis 18 Mei 2017. Acara tersebut turut dimeriahkan dengan Satuan Musik TNI-AL yang dipimpin Letnan Kolonel Mujiharto sebagai konduktor.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x