Horee..Mahasiswa & Pelajar di Kupang Akan Difasilitasi Rusunawa

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

KUPANG - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun tiga rumah susun sewa (Rusunawa) bagi mahasiswa dan pelajar di beberapa lokasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PU-PR Syarif Burhanudin menyebut proyek pembangunan rusunawa menggunakan APBN 2017. Rencananya akan dibangun sebanyak 16 unit.

"Dari 16 unit itu tiga unitnya berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang salah satunya bagi mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang yang hari ini dilakukan peletakan batu pertamanya," kata Syarif usai seremoni peletakan batu pertama bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya, baru-baru ini.

Sedangkan dua rusun lainnya akan didirikan di lingkungan pendidikan untu SMA Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo, yang merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat serta di lingkungan Pesantren Walisongo Ende Kabupaten Ende di Pulau Flores.

Khusus untuk rusunawa di Unwira Kupang, proses pelelangan sudah dilakukan sejak akhir 2016 dan kontraknya ditandatangani pada 21 Februari 2017. "Peletakan batu pertama hari ini sudah dalam posisi pengerjaan mencapai 30 persen," katanya.

Pembangunan rusunawa Unwira ini lanjut dia, menggunakan anggaran Rp12 miliar lebih dengan konstruksi dua lantai dengan 37 kamar. Masing-masing kamar berkapasitas muat empat orang.

"Sehingga jumlah mahasiswa yang akan menghuni rumah susun sewa itu berjumlah 148 orang," kata Syarif.

Sementara Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya meminta seluruh mahasiswa yang akan menempati fasilitas itu bisa membangun solidaritas dan kesetiakwanan sosial antarmahasiswa.

Ia berharap rusunawa itu akan menjadi tempat pembentukan dan pengembangan nilai-nilai kebangsaan berdasar ideologi Pancasila.

"Mereka yang sudah ditempa di tempat ini dapat menjadi corong dan duta pembawa nilai-nilai positif tersebut kepada masyarakat," katanya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x