facebook pixel

Usai Lebaran, Garansindo Bakal Buka-bukaan Soal Skuter Listrik GESITS

Motor listrik GESITS (Okezone)

Motor listrik GESITS (Okezone)

JAKARTA - Skuter listrik GESITS garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terakhir sudah melakukan uji jalan Jakarta-Bali. Hasil dari uji jalan tersebut dievaluasi dan terus dikembangkan supaya semakin sempurna. Lantas kapan persisnya GESITS‎ mulai dipasarkan?

"GESITS‎ on progress, cuma kami nyelam dulu agak silent. Mudah-mudahan semua sesuai target, mungkin habis Lebaran kami akan kasih tahu, di mana pabriknya, dan lainnya. Tetap kami akan luncurkan di akhir tahun ini. Kami baru akan lepas ke pasar 2018 sesuai jadwal. Mudah-mudahan semester dua sudah fix protipe dan versi produksinya baru kami buka pemesanan," ujar CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah di Jakarta, kemarin.

Garansindo bukan baru kali ini mamasarkan sepeda motor listrik. Dua tahun lalu Garansindo sudah mendatangkan Zero Motorcycle dari Amerika. Konsumen bisa menggunakannya di jalan raya karena sudah mendapat STNK. Namun Garansindo tertarik mengembangkan produk skuter listrik sendiri sehingga lahirlah GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS).

Dia pun berharap agar Pemerintah mendukung para produsen lokal sehingga motor ramah lingkungan ini bisa segera beredar di jalanan.

"Kalau Presiden sudah bicara Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), pada 2025 motor listrik itu harus 2,1 juta unit. Presiden kan sudah kasih perintah nah tugas menteri mengawal. Padahal mereka punya produk yang sudah siap di sana," tutupnya.

Skuter listrik GESITS dibekali motor listrik berdaya 5 kW dan baterai 5 kWh yang memungkinkan motor melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam. Dengan pola berkendara di kecepatan 60-80 kilometer per jam skuter ini mampu menjelajah hingga jarak 100 kilometer untuk sekali isi ulang baterai. (san)

(ton)