Image

Pilpres Iran Digelar Hari Ini

Foto para pendukung Hassan Rouhani (Foto: Reuters)

Foto para pendukung Hassan Rouhani (Foto: Reuters)

TEHERAN – Pada hari ini, Iran akan menentukan siapa sosok yang menjadi pilihan mereka sebagai menjadi pemimpin baru Teheran. Pasalnya sosok tersebut dapat mempengaruhi kebijakan dalam hingga luar negeri Teheran yang bersinggungan dengan kesepakatan nuklir Iran dan Barat.

Presiden pertahanan Hassan Rouhani berhadapan dengan pesaingnya Ebrahim Raisi pada Jumat 19 Mei 2017. Berdasarkan polling yang ada mengindikasikan keduanya meraih suara dukungan yang besar.

Rouhani yang memiliki pandangan modern, berusaha membawa Iran keluar dari kontrol pandangan garis keras. Ia menginginkan adanya kebebasan pers di Teheran tanpa pengekangan. Berbeda dengan Rouhani, Raisi justru mengkritik kesepakatan nuklir Iran yang ia pandang tidak berpengaruh terhadap warga Teheran.

Raisi berjanji akan menciptakan jutaan lapangan kerja dan memperbaiki ekonomi Iran. Raisi juga memiliki keunggulan karena ia dekat dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayotollah Ali Khamenei.

Sebagaimana dikutip dari UPI, Jumat (19/5/2017) berdasarkan polling yang diadakan pada 7-8 Mei oleh Iranian Students Polling Agency, Rouhani mendapatkan suara 42 persen sedangkan Raisi meraih 27 persen. Sisa 25 persen lainnya memilih Wali Kota Teheran Mohammad Bagher Ghalibaf yang mundur dari pilpres Iran.

Rouhani memenangi pilpres Iran pada 2013 dengan terus mempromosikan kebebasan di Teheran serta kesepakatan nuklir. Kebanyakan sanksi Iran diangkat oleh Barat setelah negara tersebut melucuti program nuklirnya dan pertumbuhan ekonomi Teheran pun meningkat. Namun saat ini tingkat pengangguran masih tinggi di Iran dan ini dimanfaatkan oleh Raisi dalam kampanyenya.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x