Image

Jerman Ancam Tarik Pasukannya dari Incirlik, Turki Sebut 'Selamat Tinggal'

Foto markas udara Incirlik di Turki (Foto: AFP)

Foto markas udara Incirlik di Turki (Foto: AFP)

ADANA – Turki menyatakah tidak akan menghalangi jika Jerman memang ingin menarik pasukannya dari Incirlik. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.

Ancaman ini berawal ketika Turki melarang sejumlah pejabat Jerman untuk mengunjungi pasukannya yang tengah berdinas di markas udara Incirlik, Kota Adana. Penolakan ini memicu keputusan Jerman untuk memindahkan para pasukannya dari markas udara yang berada di wilayah Turki tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Middle East Monitor, Jumat (19/5/2017) Cavusgoglu menyatakan bahwa Turki tidak mencoba “memeras” Berlin dengan pencegahan kunjungan tersebut. “Kami tidak akan mengemis. Mereka (Jerman) adalah pihak yang ingin datang dan kami membantu mereka. Jika mereka ingin pergi, kami akan mengatakan ‘selamat tinggal’,”ujar Cavusoglu.

Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen menyatakan, pemerintahnya telah mulai mengevaluasi kemungkinan untuk memindahkan para tentaranya. Leyen mengatakan, Yordania menjadi negara alternatif utama untuk para tentara Jerman berdinas dalam usaha ikut koalisi internasional untuk menggempur ISIS.

(emj)
TAG : Jerman
Live Streaming
Logo
breaking news x