Korsel: Tulang di Bangkai Kapal Sewol Milik Korban yang Hilang

Bangkai Kapal Feri Sewol. (Foto: Reuters)

Bangkai Kapal Feri Sewol. (Foto: Reuters)

SEOUL - Otoritas Korea Selatan (Korsel) secara resmi mengonfirmasi bahwa penemuan tulang-belulang di bangkai Kapal Feri Sewol adalah milik jenazah penumpang yang masih hilang. Kantor berita Yonhap, melaporkan tulang yang ditemukan pada Selasa 16 Mei adalah milik penumpang bernama Heo Da-yoon. Kesimpulan ini didapatkan setelah melakukan beberapa analisis termasuk pemeriksaan gigi.

Kepastian identitas Heo Da-yoon sendiri merupakan hasil identifikasi yang kedua dan dilaporkan baru-baru ini, demikian dimuat Reuters, Kamis (19/5/2017). Sebelumnya, pada Rabu 17 Mei 2017, Otoritas Korsel juga telah mengumumkan hasil identifikasi yang menyebutkan penemuan sepotong tulang yang ditemukan terlebih dahulu adalah milik Ko Chang-seok.

Tak hanya penemuan sisa-sisa tulang, 28 barang peninggalan lain milik para penumpang juga ditemukan, termasuk seragam sekolah milik Park Young-in.

Sebagaimana diketahui, Kapal Feri Sewol yang tenggelam pada 2014 mengakibatkan 304 orang tewas dan sembilan korban masih hilang. Kejadian tersebut merupakan bencana terburuk sepanjang sejarah transportasi laut Korsel. Hal ini kemudian membuat Pemerintah Korsel sangat serius menindaklanjuti bencana ini dengan meluncurkan misi pencarian korban hilang dan investigasi penyebab pasti tenggelamnya kapal.

Pemerintah Korsel bahkan tak segan untuk mengeluarkan dana dalam jumlah besar untuk mengangkat bangkai kapal feri Sewol dari dasar laut. Selain memeriksa bangkai kapal, Otoritas Korsel juga melakukan penyisiran wilayah laut yang luasnya sekira 32 ribu meter persegi guna mencari korban hilang dan mengetahui penyebab pasti tenggelamnya kapal selama tiga bulan pascabangkai kapal diangkat. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x