Presiden Korsel Jalin Kerjasama dengan PBB Terkait Denuklirisasi Korut

Presiden Korsel, Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

Presiden Korsel, Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in berjanji untuk segera menjalin kerjasama dengan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam upaya menghentikan ancaman Korut atau denuklirisasi rudal . Pernyataan tersebut disampaikan Moon dalam pembicaraan dengan Sekertaris Jenderal PBB, Antonio Guterres melalui sambungan telefon.

Sebagaimana disitat dari Yonhap, Jumat (19/5/2017), Sekjen Guterres menghubungi Presiden Moon untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pilpres 2017.

"Presiden Moon mengucapkan terima kasih kepada Sekertaris Jenderal PBB, Antonio Guterres karena telah mengutuk peluncuran rudal Korea Utara pada 14 Mei dan telah mendesak mereka untuk mematuhi aturan internasional," ujar Juru Bicara Gedung Biru, Park Soo-hyun.

Park menambahkan, Presiden Moon juga akan menjalin kerjasama dengan masyarakat internasional agar bersama-sama mendesak Korut melakukan denuklirisasi. Sementara itu, Guterres, menekankan perlunya menjaga perdamaian di dunia dengan cara apapun.

"Konflik bersenjata di Semenanjung Korea harus dicegah tidak peduli berapa besar biaya yang harus dibayar," ujar Guteres berdasarkan keterangan Park Soo-hyun.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu Korut kembali melakukan uji coba rudal balistik dan mendarat di wilayah Laut Jepang pada Minggu 14 Mei 2017. Uji coba rudal Korut kali ini diklaim berhasil oleh diktator muda, Kim Jong-un. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x