Image

Keponakan Muchtar Effendi Dipulangkan, Penyidik Terus Buru Peneror Novel

Penyidik KPK, Novel Baswedan usai di siram air keras (foto: Antara)

Penyidik KPK, Novel Baswedan usai di siram air keras (foto: Antara)

JAKARTA - Niko Panji Tirtayasa alias Miko akhirnya dilepaskan oleh penyidik gabungan Polda Metro Jaya, dan Mabes Polri yang mengusut kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Miko diperiksa lantaran video kesaksiannya yang viral di media sosial berdurasi 2.40 menit. Dia pun ditemukan di wilayah Bandung dan diperiksa di Jakarta secara sukarela pada Selasa 16 Mei 2017.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto menjelaskan setelah dimintai keterangan, Miko akhirnya dilepaskan lantaran alibinya kuat tidak terlibat dalam kasus teror ke Novel. Akhirnya, dia dipulangkan ke wilayah Tasikmalaya Jawa Barat.

"Jadi alibi yang disampaikan dan kita cek oleh penyidik itu cukup kuat menyatakan dia tidak terkait dengan penyiraman terhadap Novel Baswedan. Sehingga tadi pagi saudara Miko dipulangkan ke tempat tinggalnya di daerah Jawa Barat sekitar daerah Tasikmalaya," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017).

Kendati demikian, kata mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini, penyidik tidak akan berhenti mengungkap siapa pelaku dan dalang penyiraman air keras kepada Novel pada 11 April 2017 lalu.

"Penyidik tetap melakukan upaya-upaya mengungkap kasus yang menimpa saudara Novel Baswedan secara induktif yaitu berangkat dari TKP, secara dekdutif berangkat dari motif-motif yang diduga menjadi dasar terjadinya penyerangan tersebut. Kita masih terus bekerja kita masih lakukan pencarian siapa kira-kira yang melakukan upaya tersebut," tukasnya.

Sebelumnya dalam video tersebut, Miko meminta maaf kepada pamanya Muchtar Efendi atas kejahatannya menjadi saksi palsu di KPK untuk kasus yang menjerat pamannya dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Kala memberikan kesaksian, Miko mengaku dinterograsi oleh Novel Baswedan cs.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x