Terpidana Curanmor Sembunyikan Narkoba, Gini Deh Akibatnya

Ilustrasi (Foto: Okezone)

Ilustrasi (Foto: Okezone)

MATARAM - Surya (25), pria asal Lombok Tengah yang menjadi terpidana kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), tertangkap tangan telah menyembunyikan narkoba usai menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Yang bersangkutan kami tangkap, ketika mau balik ke lapas bersama tahanan lainnya. Dia kami tangkap saat kendaraan tahanan milik jaksa masih di kantor pengadilan," kata Kasubdit I Ditresnarkoba Polda NTB, AKBP Cheppy Ahmad Hidayat di Mataram, Jumat (18/5/2017).

Dari hasil penggeledahan badan, polisi yang awalnya mengetahui dari informasi masyarakat itu, menemukan barang bukti terjepit di antara selangkangannya. "Barang bukti kita temukan dari dalam bungkus rokok yang dijepit di dalam selangkangannya," ujar AKBP Cheppy.

Dalam bungkus rokok itu, polisi menemukan satu poket serbuk kristal putih yang diduga narkoba jenis sabu seberat 5,26 gram. Saat dimintai keterangan, Surya mengaku bahwa barang haram tersebut sengaja dititipkan oleh seorang kenalannya berinisial RZ untuk diberikan kepada HD, pria asal Kuta, Lombok Tengah.

"Jadi transaksinya ini berlangsung saat yang bersangkutan sedang berada di pengadilan untuk menjalani sidang vonis," ucapnya.

Barang haram tersebut, sengaja dititipkan RZ saat Surya sedang berada di kamar tahanan Pengadilan Negeri Mataram, dan akan ada pria berinisial HD yang akan mengambilnya. Namun, Surya mengaku bahwa HD tak kunjung datang hingga proses sidangnya selesai dan seluruh tahanan ke Lapas Mataram akan dipulangkan.

Karena itu, polisi yang sebelumnya sudah menerima informasi terkait transaksi tersebut, menangkap dan menggeledah Surya saat sedang berada di kendaraan tahanan milik jaksa. Lebih lanjut Cheppy yang tidak ingin terjerumus begitu saja dengan keterangan Surya, telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengembangan di lapangan. "Tentunya kita akan perdalam lagi," kata Cheppy.

Akibat perbuatannya, Surya yang baru saja menerima vonis hukuman sebagai terpidana curanmor, dengan terpaksa harus kembali berurusan dengan hukum. Sesuai dengan aturannya, Surya disangkakan dengan Pasal 112 Ayat 1 dan 2, Pasal 114 Ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x