Hasil Hitung Cepat Pilpres Iran Unggulkan Ebrahim Raisi

Warga Iran menyumbangkan suaranya untuk mencari sosok presiden baru mereka (Foto: EPA)

Warga Iran menyumbangkan suaranya untuk mencari sosok presiden baru mereka (Foto: EPA)

TEHERAN – Salah satu kantor berita di Iran telah merilis exit poll hasil hitung cepat terkait pemilihan presiden (Pilpres). Pada exit poll tersebut, Ebrahim Raisi lebih unggul dibandingkan Presiden Petahana Hassan Rouhani.

Sebagaimana dikutip dari Trend.az, Sabtu (20/5/2017) kantor berita Mehr mewartakan, Rouhani unggul di 12 provinsi sedangkan pesaingnya, Raisi, unggul di 15 provinsi.

Di Ibu Kota Iran, Teheran, Rouhani disebut unggul jauh dibandingkan Raisi. Mehr menyatakan, Raisi meraih banyak dukungan dari para warga yang tinggal di kota-kota kecil serta pedesaan.

Pemungutan suara yang dimulai pada Jumat 19 Mei 2017 pukul 08.00 waktu setempat itu dilaporkan diperpanjang hingga pukul 23.00 karena jumlah pemilih yang tinggi. Trend mengabarkan, sejauh ini sudah ada lebih dari 32 juta warga Iran yang memberikan suaranya di satu dari 63.500 TPS yang tersedia sehingga diperkirakan sekira 57 persen dari total pemilih memutuskan untuk ikut proses demokrasi tersebut.

Selain Rouhani dan Raisi sebenarnya masih ada dua kandidat lain yang ikut memperebutkan kursi sebagai Presiden Iran. Dua capres itu adalah Mostafa Hashemitaba dan Mostafa Aqa-Mirsalim.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x