Image

Setelah Satu Dekade, Bunga Teratai Thailand Kembali Mekar

Seorang turis mengabadikan pemandangan bunga teratai yang bermekaran di Khao Sam Roi (Foto: AFP)

Seorang turis mengabadikan pemandangan bunga teratai yang bermekaran di Khao Sam Roi (Foto: AFP)

BANGKOK – Setelah selama 10 tahun lamanya, sebuah danau di Thailand akhirnya memperlihatkan secercah harapan. Pasalnya bunga teratai di Taman Nasional Khao Sam Roi akhirnya bermekaran setelah “absen” selama satu dekade.

Bunga-bunga teratai berwarna merah muda tersebut dilaporkan menjadi harapan bagi para warga setempat untuk menarik para turis datang dan menambah penghasilan bagi mereka. Sebagaimana dikutip dari AFP, Sabtu (20/5/2017) para warga setempat memanfaatkan mekarnya bunga-bunga itu untuk menyewakan jasa mereka bagi para turis untuk melintasi danau menggunakan perahu.

Namun otoritas setempat memiliki kekhawatiran tersendiri dengan mekarnya bunga-bunga teratai tersebut. “Mereka (bunga-bunga teratai) seharusnya tidak mekar. Taman nasional saat ini sedang dalam proses memulihkan bunga-bunga teratai. Ketika datang waktu yang tepat taman akan dibuka untuk publik,” ujar Kepala Polisi Hutan setempat, Rungroj Aswakultarin.

AFP mewartakan kekhawatiran itu lumrah mengingat taman nasional yang berjarak tiga jam dari selatan Kota Bangkok itu tidak memperlihatkan sama sekali mekarnya bunga teratai selama satu dekade. Hingga kini tak diketahui penyebabnya apa.

Banyak yang menyalahkan kekeringan serta polusi yang menyebabkan bunga-bunga teratai di Taman Nasional Khao Sam Roi tidak muncul. Namun dengan usaha tak mengenal lelah, otoritas pengelola taman nasional itu pun terus membersihkan danau di sana dalam kurun waktu beberapa tahun ini alhasil bunga teratai tersebut mulai bermekaran.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x