Image

China Disebut Terbangkan Drone di Perairan Sengketa, Jepang Kirim Jet Tempur

Foto penampakan drone yang terbang di atas kapal Coast Guard China di perairan dekat Senkaku (Foto: Kyodo/Japan Times)

Foto penampakan drone yang terbang di atas kapal Coast Guard China di perairan dekat Senkaku (Foto: Kyodo/Japan Times)

TOKYO – Jepang dilaporkan mengirim jet tempurnya ke wilayah perairan sengketa usai kapal China diklaim meluncurkan drone di area tersebut. Insiden ini terjadi di wilayah Laut China Timur.

Selain Laut China Selatan, sengketa Laut China Timur juga menyeret Negeri Tirai Bambu. Jepang mengklaim Kepulauan Senkaku merupakan wilayah kedaulatan mereka namun China juga menyatakan hal yang sama dengan menyebutnya dengan nama Pulau Diaoyu.

Juru bicara pemerintahan Jepang, Yoshihide Suga, membenarkan kabar bahwa mereka menurunkan pesawat jet tersebut dengan mengklaimnya sebagai respon terhadap tindakan China. Sebagaimana dikutip dari AFP, Sabtu (20/5/2017) Suga mengatakan, insiden itu terjadi pada Kamis 18 Mei 2017 dan Jepang telah melayang protes terhadap China yang dituding meningkatkan ketegangan secara sepihak.

“Ini pertama kalinya kami melihat yang tampaknya sebuah drone diterbangkan oleh kapal China yang berlayar di dalam perairan teritorial (kami),” ujar Suga.

Insiden ini berawal ketika empat kapal China memasuki wilayah perairan Jepang dan menerbangkan drone. Jepang meresponsnya dengan menurunkan empat pesawat, termasuk dua pesawat jet tempur F-15.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x