Kegemukan Karena Junk Food, Monyet Ini Dimasukkan Rehabilitasi

Paman Gendut. (Foto: AP)

Paman Gendut. (Foto: AP)

BANGKOK – Seekor monyet liar yang hidup di sebuah pasar di Bangkok, Thailand dijuluki “Paman Gendut” oleh para penduduk lokal. Bentuk tubuh monyet itu membengkak setelah banyak mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji dan minuman ringan yang ditinggalkan para turis.

Petugas pelestarian hewan liar menangkap monyet itu setelah fotonya beredar di media sosial bulan lalu. Setelah ditangkap Paman Gendut akan diserahkan kepada dokter hewan yang akan mengawasi program rehabilitasinya.

Monyet macaques seperti Paman Gendut biasanya hanya memiliki berat 9 sampai 10 kilogram. Namun, dengan berat 27 kilogram, Paman Gendut berada dalam kondisi yang rawan terkena penyakit.

“Dia memiliki anak buah dan monyet lain yang membawakannya makanan, tetapi dia juga membagikannya ke monyet lain. Dia sekarang berada dalam kondisi kritis dimana ada risiko tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes,” kata dokter hewan pengurus si monyet, Supakarn Kaewchot sebagaimana dilansir Metro, Sabtu (20/5/2017).

Karena kondisinya yang tidak sehat itu, dia dipaksa untuk mengikuti rehabilitasi dan diet ketat dengan hanya mengonsumsi buah dan sayuran. Dengan diet itu, Supakarn berharap Paman Gendut bisa kembali dilepaskan dalam beberapa bulan.

Dia menambahkan, apa yang terjadi pada Paman Gendut menjadi contoh mengapa orang-orang tidak seharusnya memberi makanan yang tidak sehat pada monyet liar.

(dka)
Live Streaming
Logo
breaking news x