Image

Bakar Foto Mendiang Raja Thailand, Lima Orang Ditahan Polisi

Foto mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyajed. (Foto: Reuters)

Foto mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyajed. (Foto: Reuters)

BANGKOK - Kepolisian Thailand menangkap lima orang setelah diduga melakukan pembakaran terhadap foto mendiang Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal tahun lalu. Untuk diketahui, kritik terhadap raja, pejabat atau pewaris takhta di Thailand disebut dengan lese majeste yakni sebuah istilah dalam bahasa Prancis dan terancam hukuman selama 15 tahun penjara.

Reuters mewartakan, Sabtu (20/5/2017), kelima orang yang ditahan tersebut terdiri dari empat pria dan satu orang anak laki-laki. Mereka diketahui ditahan di Kantor Polisi Provinsi timur laut Khon Kaen.

"Kasus ini sekarang tengah diproses dan diselidiki," ujar seorang Perwira Polisi Khon Kaen yang tak disebutkan namanya.

Kelima orang yang ditahan tersebut nantinya akan di pindagkan ke pangkalan Angkatan Darat ke-11 di Bangkok. Pangkalan militer tersebut diketahui difungsikan sebagai penjara darurat.

Raja Bhumibol Adulyadej meninggal pada Oktober 2016 dan kemudian digantikan putranya Maha Vajiralongkorn yang naik takhta pada Desember 2016. Kematian Raja Bumibol yang sangat disegani itu menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat Thailand hingga diberlakukan satu tahun masa berkabung. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x