Besok, Presiden Prancis Akan Bertemu dengan PM Italia

Presiden Prancis, Emannuel Macron. (Foto: Reuters)

Presiden Prancis, Emannuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS - Presiden Prancis, Emmanuel Macron akan menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Italia, Paolo Gentiloni esok atau tepatnya pada Minggu 21 Maret 2017. Rencananya, Macron akan makan malam bersama Gentolini pada Minggu malam waktu setempat di Paris. Sayangnya tidak dijelaskan lebih lanjut apa yang akan dibahas oleh kedua orang penting tersebut.

Sebagaimana diwartakan Reuters, Sabtu (20/5/2017), sebelumnya Macron juga diketahui makan malam bersama Presiden Dewan Eropa Donald Tusk. Dalam pertemuan dengan Tusk tersebut, Macron melakukan pembahasan terkait Uni Eropa (UE). Sebagaimana diketahui, Macron yang dilantik di Istana Kepresidenan Champ Elysees dalam pidatonya berjanji 'mereformasi dan melahirkan kembali Eropa'.

Menunjukkan keseriusan misinya tersebut, Macron bahkan langsung melakukan kunjungan ke Jerman sehari pasca-dilantik. Presiden termuda dalam sepanjang sejarah Prancis tersebut mengunjungi Jerman untuk membahas berbagai macam isu seperti Undang-Undang Eropa, meningkatkan pertahanan Eropa dan investasi Jerman untuk meningkatkan pertumbuhan UE dengan Kanselir Angela Merkel.

Pertemuan dengan PM Gentolini kali ini juga diduga terkait dengan masalah reformasi UE. Sementara itu, Presiden Macron baru saja kembali dari Mali, Afrika Barat. Kunjungan ke Mali ini diketahui merupakan kunjungan pertama Presiden Macron ke luar Benua Eropa sejak menjabat pada 14 Mei 2017. Dan dalam pertemuan dengan Presiden Mali, Ibrahim Boubacar Keita itu Macron menyatakan, bahwa Prancis tanpa kompromi akan membantu perjuangan Mali dalam melawan kelompok militan. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x