Alhamdulillah.. Letusan Gunung Sinabung Tak Ganggu Penerbangan di Sumatera Utara

Erupsi Gunung Sinabung. (Foto: Antara)

Erupsi Gunung Sinabung. (Foto: Antara)

JAKARTA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) meletus pagi tadi. Namun, erupsi gunung tersebut tidak mengganggu penerbangan disejumlah bandara yang berada di Sumut. 

"Untuk penerbangan enggak terganggu karena enggak sampai kena dan tidak berdampak sampai ke bandara. Masih tetep normal kok. Tapi kalau untuk jalannya sendiri saya kurang tahu," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, J.A Barata kepada Okezone, Sabtu (20/5/2017).

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut tinggi kolom abu letusan mencapai 4 kilometer, amplitudo120 milimeter dan lama gempa vulkanik 343 detik pada hari ini, Sabtu (20/5/2017) pukul 06.46 WIB.

Atas peristiwa tersebut, masyarakat dan pengunjung diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara - Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara - Timur Gunung Sinabung.

Sementara BPBD Kabupaten Tanah Karo, juga telah diintruksikan untuk segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar atau banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus. (sym)

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x