Menlu Arab Saudi: Kunjungan Trump Pererat Hubungan Bilateral

Foto Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed al-Jubeir (Foto: SPA)

Foto Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed al-Jubeir (Foto: SPA)

RIYADH – Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel bin Ahmed al-Jubeir mengatakan, kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke Riyadh semakin meningkatkan hubungan bilateral Negeri Paman Sam dan Kerajaan Saudi.

Sebagaimana dikutip dari Asharq Al-Awsat, Minggu (21/5/2017) Al-Jubeir menyatakan hal tersebut ketika ia mengadakan konferensi pers bersama dengan Menlu AS Rex Tillerson pada Sabtu 20 Mei 2017. Menlu Arab Saudi itu menjelaskan, Trump dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud telah menandatangani sejumlah kesepakatan kemitraan strategis.

Al-Jubei menyebut kunjungan bersejarah itu akan membuka pintu untuk terjalinnya kerjasama antara AS dan Arab Saudi di bidang perdagangan, investasi serta pendidikan. “Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kami belum pernah menandatangani kesepakatan antara kedua pemimpin negara untuk mendukung kemitraan strategis. Kami ingin melanjutkan kemitraan in,”ujarnya.

Sang Menlu Arab Saudi tersebut juga menjelaskan Trump dan Raja Salman sempat saling bertukar pikiran mengenai berbagai isu. Salah satunya adalah mengenai bahaya terorisme serta bagaimana cara mengatasinya. Kedua pemimpin negara tersebut juga disebut sepakat untuk mengakhiri keterlibatan Iran dalam urusan internal negara-negara di Timur Tengah.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x