facebook pixel

Paus Fransiskus Punya Mobil Baru Bertenaga Listrik

Pope Francis Opel Ampera-e (Motor1)

Pope Francis Opel Ampera-e (Motor1)

VATIKAN - Pemimpin Umat Katolik Sedunia Paus Fransiskus atau dikenal juga dengan julukan Pope Francis, lebih memilih naik Renault 4 atau Fiat 500L untuk aktivitasnya sehari-hari ketimbang mobil mewah. Sekarang Paus Francis memiliki kendaraan baru yaitu Opel Ampera-e berwarna putih. Mobil bertenaga listrik tersebut diberikan oleh Opel sebagai upaya mendukung Kota Vatikan bebas emisi Karbon Dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh mobil dengan mesin konvensional.

"Kami bangga sebagai Opel dapat berkontribusi untuk memuluskan tujuan ambisius Kota Vatikan. Ampera-e baru kami akan membuat mobilitas listrik layak dilakukan sehari-hari tanpa kompromi," kata CEO Opel, Karl Thomas Neumann, seperti dikutip dari Motor1.

Kota Vatikan cukup kecil, yaitu hanya seluas 44 hektare sehingga Paus tidak membutuhkan mobil berukuran besar untuk berkeliling. Hatchback Ampera-e dirasa sudah cukup untuk menemaninya untuk berkeliling. Ampera-e atau dikenal juga dengan Chevrolet Bolt memiliki daya jelajah 520 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Mobil ini digerakkan oleh motor listrik yang mampu mengeluarkan tenaga 204 hp dan torsi puncak 360 nm. Dengan tenaga sebesar itu memungkinkan  Ampera-e melaju dari 0 sampai 100 kilometer per jam hanya 7,3 detik.

Opel meluncurkan Ampera-e pertama kali di Norwegian EV-crazy. Kemudian disusul oleh negara lain seperti Jerman, Belanda, Prancis, dan Swiss. Versi Chevrolet berhasil mendapatkan penghargaan North American Car of the Year awal tahun ini. (san)

(ton)