DPR Usul Fatwa MUI tentang Medsos Diterjemahkan dalam Peraturan Pemerintah

Ilustrasi (Okezone)

Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang pedoman penggunaan media sosial (medsos) sangat baik.

Pasalnya, fatwa itu dapat menjadi rujukan agar masyarakat, khususnya umat Islam, memiliki panduan menggunakan medsos yang benar agar terhindar dari keributan antar sesama anak bangsa.

"Cukup bagus. Di situ memberikan tata cara bersosmed dengan sangat baik dan sopan. Tentunya itu untuk menghindarkan hal negatif, jadi seharusnya kita dukung," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Meski demikian, Agus menuturkan bahwa fatwa itu tidak tercantum dalam kriteria hukum positif di Indonesia. Sehingga, agar aturan penggunaan medsos itu memiliki payung hukum yang kokoh, maka ia mengusulkan agar aturan mengenai Medsos diterjemahkan dalam bentuk peraturan menteri (permen) atau peraturan pemerintah (PP).

"Saya lihat juga Menkominfo mengawal terus ya. Fatwa itu tak tercantum dalam kriteria hukum, jadi sebaiknya (diterjemahkan) dalam Permen atau PP. Mudah-mudahan bisa, agar dapat lebih baik," tutup politikus Partai Demokrat itu.

(fzy)
Live Streaming
Logo
breaking news x