Apresiasi Fatwa MUI, Komisi I DPR Ajak Ormas Sosialisasikan Pedoman Penggunaan Medsos yang Bijak

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengapresiasi fatwa penggunaan media sosial yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pasalnya, saat ini ia melihat masyarakat belum memahami literasi media sosial agar berlaku bijak dan menghindar dari keributan antarsesama anak bangsa.

"Keluarnya fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Muamalah Melalui Media Sosial merupakan hal yang sangat positif," kata Sukamta kepada Okezone, Rabu (7/6/2017).

Literasi media sosial yang belum cukup baik itu terlihat dari maraknya penyebaran konten yang tidak jelas sumber dan asas kemanfaatannya. Menurut dia, kondisi ini kemudian dimanfaatkan pihak tertentu untuk membuat konten hoax hingga mudah tersebar luas.

Karena itu, dia mengapresiasi apa yang dilakukan MUI dan mengajak ormas keagamaan non-keagamaan untuk dapat membuat hal serupa agar perlawanan terhadap ujaran kebencian di medsos dapat terealisasi secara masif.

"Apa yang dilakukan oleh MUI perlu didukung dan sangat baik jika ormas keagamaan dan ormas masyarakat bisa membuat hal serupa sehingga ini menjadi agenda yang luas atau masif mengajak masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial," tutur politikus PKS itu.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x