Duh! Oknum Warga di Jayapura Buka Lahan dengan Dibakar

Foto: Edy/Okezone

Foto: Edy/Okezone

JAYAPURA – Sebanyak 1 hektare lahan alang-alang di wilayah Gunung Perumnas 3 Waena Kelurahan Heram Jayapura sekira pukul 11. 30 WIT siang tadi terbakar.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kota Jayapura, Yohanes S menyebut, kebakaran tersebut terjadi diduga akibat ulah warga yang membuka lahan dengan cara membakar. "Dugaan akibat pembukaan lahan oleh warga dengan cara dibakar, akibat angin yang kencang dan gambut yang pada kondisi kering, hingga api cepat membesar dan merambat hingga membakar sekitar 1 hektare lahan di sana," kata Yohanes kepada Okezone, Rabu 14 Juni 2017.

Untuk upaya pemadaman, pihaknya mengerahkan unit reaksi cepat Rescue Wana Bakti sekitar 10 orang. "Tim bergerak cepat untuk melakukan pemadaman, terdiri dari personel Brigade Damkarhutan dari KPHP kota Jayapura sebanyak empat orang, ditambah satu orang personel Saka Wanabakti dan dua orang personel TNI Pos Pamrahwan," ucapnya.

Sementara, untuk peralatan, kata Yohanes, pihaknya hanya menurunkan Jet Shoter sebanyak lima unit. Sementara, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.28 WIT.

Pihaknya meminta warga untuk tidak lagi membakar lahan untuk bercocok tanam. Pasalnya selain membuat hutan sebagai penyangga air di kota Jayapura tersebut gundul, dampak kebakaran juga sangat berbahaya terhadap warga yang bermukim di lokasi tersebut.

"Kami harapkan jangan ada lagi pembakaran lahan, karena wilayah ini menjadi penyangga air untuk Kota Jayapura dan sekitarnya, dikhawatirkan bisa banjir kalau hujan deras, dan lainnya jika sampai api menjalar hingga kerumah warga ini juga jadi masalah besar," ucapnya.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x