facebook pixel

Kisah Para Penggemar Batman Membuat Batmobile

Mobil Batman (James Edition)

Mobil Batman (James Edition)

CALIFORNIA - Bicara tentang mobil Batman atau Batmobile tidak akan ada habisnya. Ini karena cerita tentang superhero itu tidak kunjung habis. Para penggemarnya pun semakin banyak dari berbagai lapisan usia.

Bahkan ada yang rela mengeluarkan uang banyak untuk membuat atau membeli replika Batmobile, meskipun harga yang ditawarkan tinggi.

Salah satu replika Batmobile versi pertama yang dibuat untuk mendukung pembuatan serial televisi Batman pada 1966 dijual dengan harga USD250 ribu atau sekira Rp3,2 miliar.

Mobil ini diketahui merupakan replika nomor 005 dan sudah mendapat persetujuan dari desainer mobil Batman, George Barris.

Barris sendiri pertama kali mendesain Batmobile untuk mendukung pembuatan serial televisi Batman pada pertengahan 1960-an. Ia menggunakan basis mobil konsep Lincoln Futura. Setelah itu dibuat pula empat replika Batmobile yang dibangun dari basis kendaraan yang sama untuk digunakan berkeliling mempromosikan serial televisi tersebut.

Seorang penggemar berat Batman, Jim Sermersheim, juga membuat sendiri replika Batmobile yang menggunakan sasis Ford Thunderbird model 1958. Meski dibuat oleh orang di luar kalangan televisi, namun tetap mendapat persetujuan dari Barris. Mobil inilah yang saat ini dijual melalui James Edition.

Selain itu ada juga Somchai Nitimongkolchai seorang pria warga Bangkok, Thailand. Ia kepincut dengan film dan karakter Batman yang diperankan oleh Christian Bale. Untuk itu, Somchai membuat memorabilia Batman dan pastinya Batmobile. Memorabilia Batman itu merupakan yang terbesar di Thailand.

Batmobile tersebut kini dipajang di 'museum mini' miliknya bersama ratusan barang memorabilia Batman lainnya. Ia mulai merealisasikan keinginannya itu lebih dari 10 tahun lalu setelah menonton film ‘Batman Begins’.

Penggemar Batmobile lainnya, Mark Racop menghabiskan USD250 ribu atau sekira Rp3,5 miliar untuk melakukan riset dan membangun replika Batmobile.

Sebagai bentuk keseriusannya, Racop menyewa 10 ahli di bidang modifikasi. Kini, pria berusia 50 tahun itu bisa menikmati replika Batmobile-nya. Namun, mobil superhero yang dibangun bukanlah versi modern, seperti Tumbler, melainkan Batmobile klasik versi serial televisi.

(ton)