facebook pixel

Barang Bawaan Banyak, Pemudik Motor Wajib Tambah Tekanan Angin Ban

Pemudik sepeda motor (foto: Okezone)

Pemudik sepeda motor (foto: Okezone)

JAKARTA - Memasuki musim mudik lebaran tahun ini, jumlah pemudik sepeda motor berdasarkan data Kemenhub akan mencapai 6 juta lebih. Meski biasanya para pemudik telah menyiapkan kondisi kendaraannya, namun biasanya sering mengabaikan tekanan angin ban motor.

Saat melakukan mudik, ada baiknya pengendara menambahkan angin ban motornya 3 hingga 4 psi dari ukuran tekanan standarnya. Penambahan angin ini bertujuan untuk mengimbangi bobot tambahan barang yang dibawa pemudik pada sepeda motornya.

"Bagi para pemudik khususnya pengendara sepeda motor, baiknya menambahkan tekanan angin ban 3-4 psi," General Manager Marketing dan Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dirinya juga mengingatkan, penambahan tekanan angin tersebut karena secara fungsi beban sepeda motor dan tambahannya itu bertumpu pada ban. Sehingga tekanan angin dengan beban yang berat harus ditambah.

Menurutnya, kalau motor bebannya ditambah lalu ukuran angin sama, maka tekanan untuk ban akan semakin besar. Ban itu kalau terkena permukaan jalan kalau anginnya cukup, maka menapak maksimum.

Meski demikian, jika pemudik tidak membawa banyak barang bawaan dan hanya membawa satu orang, maka tidak perlu menambahkan angin pada tekanan ban sepeda motornya.

"Kalau kondisi ideal, misalnya hanya boncengan berdua, dengan bawaan tas , enggAk perlu ditambah angin,"pungkasnya.

(muf)
​