facebook pixel

Honda Civic Type R Produksi Pertama Laku Terjual Rp2,65 Miliar

Honda Civic Type R (Foto: Carscoops)

Honda Civic Type R (Foto: Carscoops)

WASHINGTON - Honda Amerika Serikat telah menyumbangkan Civic Type R model 2017 ke yayasan tumor otak. Menariknya, mobil jenis hatchback itu merupakan produksi pertama dengan nomor rangka atau vehicle identification number (VIN) 01. Mobil tersebut tidak untuk disimpan tapi dilelang secara online di Bring A Trailer. Hasil lelang akan diberikan ke yayasan yang saat ini menampung lebih dari 28 ribu anak.

Setelah melalui proses lelang yang cukup panjang, akhirnya Honda Civic Type R terjual seharga USD200.000 atau sekira Rp2,65 miliar. Tidak ada kabar siapa pembeli yang mengajukan penawaran sebesar itu. Sebelumnya ada juga yang sudah mengajukan harga sebesar USD144.000 atau sekira Rp1,9 miliar. Demikian seperti dilansir dari Carcoops.

Berbeda dengan Type R lain, khusus produksi pertama bodinya diberi warna aegean blue metallic. Selain itu juga dipasang logo yang menandakan bahwa mobil tersebut adalah model dengan nomor 01.

Seperti model standar, mobil ini didukung oleh mesin empat silinder berkapasitas 2 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 306 hp dan torsi puncak 400 nm. Tenaga dikirim ke roda depan lewat transmisi manual enam percepatan.

Honda Civic Type R baru pernah memegang gelar sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. Catatan waktunya dalam sekali putaran yaitu 7 menit 43,80 detik. (san)

(ton)
​