Mahasiswa IPB Ciptakan Alat Deteksi Makanan dan Minuman Halal

Foto: Dok IPB

Foto: Dok IPB

JAKARTA - Makanan dan minuman yang memiliki label halal sangat penting bagi kaum muslim. Namun, sekarang ini di tengah banyaknya produksi impor, beberapa produksi pangan masih belum jelas kehalalannya.

Berangkat dari situ sekelompok mahasiswa Bogor membuat alat deteksi makanan dan minuman halal bernama Ad-Toam. Mereka adalah empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Ahmad Khairul Reza, Sejahtera, Anisah Rahajeng, Kartika Sari, dan Intan Nurhasanah.

"Temuan inovasi semacam ini bisa meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa makanan dan minuman yang mereka konsumsi itu halal," jelas Ahmad selaku Ketua Tim seperti dilansir dari laman IPB, Minggu (16/6/2017).

Pembuatan Ad-Toam, jelas Ahmad, menggunakan bahan sederhana berupa sensor elektrokimia, nikel, platinum, dan peralatan pendukung lain. Sedangkan cara kerjanya, sensor yang ada pada alat tersebut akan mendeteksi adanya kandungan alkohol pada makanan atau minuman.

Ahmad mengatakan, alat ini masih memerlukan tahap uji coba. "Kami berharap inovasi ini akan memudahkan deteksi produk makanan dan minuman halal bagi pemerintah, lembaga terkait, dan masyarakat," tandasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x