Ini Dia Dompet Ramah Lingkungan ala Mahasiswa UGM

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan membawanya pada penciptaan inovasi-inovasi benda yang ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan mahasiswa Yogyakarta yang menciptakan dompet eco-friendly.

Dompet ramah lingkungan itu bernama E-Dom atau Eco-Friendly Dompet. Inovasi itu dibuat oleh lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni Aziz Askaputra, Permata Hayuningtyas, Andhika Gilang Al Afgani, Rosyida Fajarwati, dan Aviva Lintang Tunjungsari.

Kelima mahasiswa ini mendesain dompet yang bisa berfungsi sebagai tas kantong. Ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang ditimbulkan dari berbelanja di minimarket atau warung.

"Dompet ini dapat digunakan untuk berbelanja sehingga kita tidak perlu menggunakan plastik," terang Aziz seperti dilansir dari laman UGM, Minggu (17/6/2017).

Biarpun memiliki tagline ramah lingkungan, dompet produksi mahasiswa ini juga didesain fashionable dengan bahan berkualitas dan pilihan motif yang beragam. Salah satu anggota, Aviva mengatakan bahan yang digunakan untuk produk ini adalah kulit sintetis, kanvas, parasut, satin, dan beludru yang tahan air.

Saat ini E-Dom dipasarkan melalui media sosial yang dioperasikan sendiri. Lima mahasiswa UGM ini berharap, produknya bisa menjadi bentuk dukungan untuk mengampanyekan jaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x