Jenggo, Alat Peraga Matematika yang Menyenangkan Karya Mahasiswa

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Inovasi yang kreatif dibutuhkan demi mengedukasi anak. Hal tersebut dimaksudkan agar anak-anak mencerna ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan dan tak membosankan.

Inovasi itu bernama Jenggo. Sebuah permainan edukatif yang diciptakan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Kelompok mahasiswa itu terdiri dari Anggita Windi Tiasari, Meilinda Chrisdian Pertiwi, Safita Ema Amalia, Galih Yudithya Utama, dan Micahel Sigit Wicaksono.

Jenggo merupakan paduan permainan antara Jenga dan Lego yang difungsikan sebagai metode pengajaran ilmu matematika. "Pelajaran ini telah dikenalkan sejak anak-anak. Namun masih banyak yang menganggap matematika itu sulit dan menjadikannya sebagai momok," terang Meilinda seperti yang dilansir di laman UGM, Senin (19/6/2017).

Kesukaan anak-anak pada permainan, menginspirasi lima mahasiswa tersebut membuat Jenggo. "Kelebihan alat ini anak-anak dapat bermain sambil belajar," imbuhnya.

Jenggo, jelas Meilinda, cukup mudah dimainkan dan bisa multiplayers. Cara mainnya, yakni dengan menyusun balok dengan rapi. Kemudian, mengocok dadu dan mengambil kartu yang telah disediakan.

Selanjutnya, pemain bisa mengambil balok lewat kecocokan angka antara kartu dengan angka yang tertera di balok, lalu letakkan balok itu di posisi paling atas. Ulangi hingga susunan balok itu runtuh. Siapa yang meruntuhkan, dia lah yang harus menyebutkan bangun datar balok tersebut.

Permainan ini, ungkap Meilinda, bisa digunakan oleh siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dapat menjadi alat pendamping guru mengajar. Mereka berharap, dengan adanya alat ini anak-anak tidak lagi malas belajar matematika.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x