facebook pixel

60 Mobil dan Motor Kuno Akan Dipamerkan di Bali

(Foto: Okezone)

(Foto: Okezone)

DENPASAR - Puluhan kendaraan roda empat dan dua kuno akan dipamerkan dalam ajang 'Bali Classic Motor Show II di Denpasar, Bali, pada 14-20 Agustus 2017.

Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali Jos Darmawan mengatakan tujuan menyelenggarakan pameran tersebut adalah memperkenalkan mobil-mobil kuno yang pernah berjaya di masanya.

"Ajang pameran ini juga untuk memberi wawasan kepada warga masyarakat, termasuk juga kepada wisawatan yang berlibur di Bali. Sebab keberadaan automotif tidak terlepas dari aktivitas kehidupan dalam hal transportasi di era tersebut," ujar Jos, di Gianyar, kemarin.

Ia mengatakan ada 60 unit mobil maupun sepeda motor kuno yang akan dipamerkan. Jumlah unit yang didisplay juga mempertimbangkan luas lokasi yang tersedia.

"Tapi kami berharap dengan ajang pameran tersebut akan memberi motivasi kepada penggemar mobil kuno untuk lebih gesit mengoleksinya. Sebab dari pembiayaan untuk perbaikan dan reparasi mobil-mobil kuno memerlukan dana cukup banyak," ucapnya.

Namun demikian, pihaknya mendukung setiap warga yang memiliki hobi mengoleksi kendaraan kuno. Kendaraan-kendaraan kuno tersebut menjadi sejarah peradaban kehidupan masyarakat dalam menggunakan transportasi pada zaman itu.

"Kami ingin mengoleksi dan melestarikan mobil kuno. Dan di sini ada kendaraan kuno buatan sekira tahun 1930-an. Termasuk juga kendaraan yang pernah dipakai presiden pertama RI, Soekarno," paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari pemerintah dan semua pihak dalam kegiatan pameran tersebut, termasuk saat melakukan konvoi kendaraan kuno menyelusuri objek wisata di Bali.

"Ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke Bali. Mereka ingin melihat kendaraan kuno, namun masih layak jalan. Bahkan ada turis yang menyewa untuk dikendarai," katanya.

(ton)
​