facebook pixel

Penjualan Honda Scoopy Kalahkan BeAT di Jakarta Fair

Honda Scoopy jadi primadona di Jakarta Fair Kemayoran 2017 (Foto: Okezone)

Honda Scoopy jadi primadona di Jakarta Fair Kemayoran 2017 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perhelatan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017, terutama di sepekan pertama, dirasakan lebih ramai dibandingkan pada tahun lalu. Hal ini berdampak pada penjualan sepeda motor Honda.

Ario, head of marketing Wahana Makmur Sejati (WMS) -main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang- mengatakan, pada pekan pertama JFK penjualan motor Honda sudah naik 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Dalam seminggu saja kami sudah jual 750 unit, naik 20 persen dibandingkan. Kami rasakan pengunjungnya ramai tidak seperti tahun lalu. Mungkin karena tahun ini JFK dimulai sudah di pertengahan puasa," kata Ario, di Jakarta, belum lama ini.

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, tipe skuter matik masih mendominasi penjualan yakni sekira 80 persen dari total penjualan. Namun ada yang menarik, penyumbang tertinggi di tipe skutik bukan BeAT, melainkan Scoopy terbaru. Meski perbedaan keduanya tak begitu jauh, namun kondisi ini di luar dugaan Wahana.

"Matik paling banyak Scoopy sekira 35 persenan dari jumlah Scoopy. Padalah (Scoopy) dari dulu pasarnya sedikit. Ini di luar ekspektasi kami. Tapi mungkin karena ini produk baru," tambahnya.

Selain itu, lanjut Ario, konsumen memilih membeli Scoopy di JFK kemungkinan karena waktu indennya tidak selama di diler. Waktu inden Scoopy sendiri untuk Jakarta-Tangerang mencapai satu bulan. Ia memastikan konsumen yang membeli Scoopy saat ini tidak bisa menikmatinya untuk Lebaran.

"Karena kalau (beli) di luar kan indennya lebih lama. Kalau di sini (JFK) tak selama itu. Inden Scoopy maksimal sebulan. Tapi kalau tipe yang lain paling lama seminggu," pungkasnya.

Kenaikan penjualan juga dialami di segmen big bike atau moter gede. Dalam sepekan, Wahana sudah menjual 10 moge. Lima unit di antaranya adalah CMX500 Rebel, empat CB650X, dan satu CRF1000L Africa Twin.

Wahana sendiri menargetkan penjualan 4.000 unit sepeda motor selama JFK 2017. Jumlah itu naik dibandingkan realisasi penjualan pada JFK 2016 yang tercatat 3.500 unit.

(ton)
​