facebook pixel

TOP AUTOS OF THE WEEK: Kepincut Mobil 'Penjelajah Waktu'

DeLorean DMC-12 (Daily Mail)

DeLorean DMC-12 (Daily Mail)

LONDON - DeLorean DMC-12 sudah identik dengan mobil penjelajah waktu. Ini tak lepas dari film 'Back to the Future' yang dirilis pada 1985.

Sejak pertama kali diproduksi pada 1981 total unit yang dibuat sekira 9.000 unit. Namun yang kini bertahan di jalanan diperkirakan hanya 6.000-an saja. Pemiliknya pun diyakini punya hubungan emosional dengan ‘Back to the Future’, seperti salah satunya Darren S, pria asal Inggris yang ingin menjual mobil koleksinya bersama dengan beberapa merchandise sang pemeran utama, Marty McFly.

Odometernya menunjukkan mobil sudah digunakan sejauh 14 ribu mil atau sekira 22.400 kilometer. Darren ingin melepasnya dengan harga 35 ribu poundsterling atau sekira Rp580 juta melalui Shpock. Ia mendapatkan mobil itu dari seorang penggemar film lainnya yang tinggal di New York, Amerika Serikat.

Sadar peminat mobil berpuntu gullwing ini masih banyak, perusahaan DeLorean Motor Compony yang berbasis di Humble, Texas, Amerika Serikat, berniat memproduksi kembali replika mobil pada tahun ini. Mobil yang akan menjadi acuan adalah DeLorean DMC-12 produksi tahun 1982.

CEO DeLorean Stephen Wynne mengungkapkan, menghadirkan kembali mobil 'Back to the Future' merupakan rencana yang fantastis. Mobil ini menjadi terkenal setelah setelah film itu dirilis pada 1985.

Wynne mambawa merek DeLorean atau DMC-12 ke Houston pada 1987 dari Irlandia Utara. Namun sejak pindah ke AS, perusahaan tidak bisa memproduksi mobil terkait izin standar keselamatan. Kini, DeLorean DMC-12 mendapat lampu hijau diproduksi dalam jumlah terbatas dengan persyaratan khusus.

(ton)