facebook pixel

TOP AUTOS OF THE WEEK: Nissan Bidik Segmen Fortuner & Pajero Sport

(Foto: Reuters)

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Segmen kendaraan SUV berbasik pikap menunjukkan perkembangan pada dua tahun terakhir. Hal ini yang mengundang ketertarikan Nissan Motor Indonesia untuk bermain di segmen tersebut.

General Manager Marketing Strategy and Product Planning NMI Budi Nu Mukmin menegaskan, pihaknya sedang mempersiapkan mobil pesaing Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Isuzu MU-X tersebut.

"Tentu saja kami mempelajari segmen yang sekarang Nissan belum ada modelnya. Karena kalau belum ada model itu opportuinity buat Nissan untuk bisa meningkatkan penetrasi di pasar Indonesia. Saya pikir peluang yang sekarang sedang dipelajari adalah bagaimana kami bisa masuk di segmen SUV berbasis pikap," ungkap Budi, di Jakarta, Senin 12 Juni 2017.

SUV berbasis pikap semakin berkembang, bahkan mampu memengaruhi segmen SUV di bawahnya. Bahkan sangat mungkin mobil jenis ini terus menggerus SUV seperti X-Trail dan Honda CR-V.

"Perkembangan SUV berbasis pikap semakin lama semakin membesar dan kontribusi penjualannya lebih besar dari SUV yang sekarang diisi oleh X-Trail dan sejenisnya. Dia makin lama makin tergerus dengan SUV berbasis pikap," cetusnya.

Budi belum bisa mengungkap kapan waktu pasti kemunculan produk barunya itu, namun ia menegaskan Nissan sudah mengembangkannya sejak lama di Jepang.

Selain itu tak menutup kemungkinan Nissan akan mengembangkannya bersama perusahaan aliansinya, Mitsubishi.

“Saya tidak bisa bicara spesifik, tapi semua kemungkinan bisa terjadi. Bisa saja kami menggunakan produk lain bisa juga menggunakan produk sendiri. Saya pikir kalau kami masuk ke segmen ini tidak dalam jangka waktu yang lama karena segmen ini semakin lama semakin membesar. Jadi kalau Nissan ingin menikmati hasilnya harus segera masuk," pungkasnya.

(ton)