facebook pixel

Cara Sederhana Hindari Tabrakan dengan Motor yang Nyelonong dari Belakang

(Youtube)

(Youtube)

JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkap, satu dari lima kecelakaan di Jerman yang menyebakan luka serius bagi pengendara sepeda adalah menabrak pintu mobil yang dibuka secara tiba-tiba oleh pengemudi atau penumpang saat keluar dari kendaraan.

Kecelakaan ini tentunya tidak hanya terjadi di Jerman, namun umum di berbagai negara. Untuk menghindari kecelakaan seperti ini, pengemudi harus mengecek terlebih dahulu melalui spion dalam dan spion samping untuk memastikan tidak ada kendaraan roda dua yang melintas dari arah belakang.

Selain dengan bantuan spion, ada cara lain yang lebih efektif yakni dengan memaksimalkan pandangan pengemudi atau penumpang ke arah belakang. Caranya, jika berada di negara yang memberlakukan sistem setir sebelah kanan maka bukalah pintu dengan tangan kiri. Demikian pula sebaliknya, jika berada di negara yang menganut sistem setir kiri, buka pintu dengan tangan kanan.

Dengan cara ini bagian atas tubuh otomatis akan berputar sehingga memungkinkan pandangan pengemudi dan penumpang melihat ke arah belakang lebih maksimal.

Sementara itu, pengendara motor atau sepeda juga dituntut lebih waspada jika melaju di samping mobil yang sedang berhenti. Pastikan jarak sepeda dengan mobil tak kurang dari 1 meter, sehingga jika pintu terbuka secara tiba-tiba, tidak akan mengenai motor atau sepeda.

(ton)
​