Rawan Kecurangan, Masyarakat Diimbau Ikut Kawal PPDB 2017

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

DENPASAR - Dinas Pendidikan Provinsi Bali mengharapkan masyarakat di daerah itu ikut mengawal proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2017/2018 agar berjalan bersih dan transparan.

"Kami siap menerima dan menindaklanjuti berbagai hal yang mungkin masih menjadi pertanyaan masyarakat terkait PPDB SMA/SMK. Keluhan dapat disampaikan melalui email admin.disdik@baliprov.go.id," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali I Wayan Serinah dalam orasinya di Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS), di Denpasar, Minggu (18/6/2017).

Dia mengemukakan, untuk PPDB tahun 2017 dibuka empat jalur yang bisa dipilih oleh calon siswa SMA/SMK. Empat jalur tersebut antara lain jalur lingkungan lokal, jalur reguler, jalur keluarga miskin, inklusi dan kesetaraan serta jalur prestasi.

Untuk jalur lingkungan lokal syarat utamanya adalah Kartu Keluarga sesuai daerah/kota lokasi pilihan sekolah.

Sementara pada jalur prestasi, calon peserta didik memiliki sertifikat prestasi juara tingkat kabupaten/ kota/provinsi maksimal tiga tahun terakhir dan dibuktikan dengan tes sesuai dengan prestasi yang dicari oleh masing-masing sekolah penerima.

"Kami berkomitmen untuk melaksanakan proses penerimaan peserta didik baru secara bersih dan transparan," ujar Serinah.

Dalam kesempatan itu, Anak Agung Ariawan, warga Pemogan Denpasar menyampaikan harapan agar PPDB dapat dilaksanakan dengan bersih dan transparan.

"Saya berharap tahun ini tak ada yang namanya jalur tikus atau piagam bodong di jalur penghargaan," ucap Ariawan.

Di sisi lain, Polda Bali juga memanfaatkan PB3AS untuk menyosialisasikan beragam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kasubid Penmas Bidang Humas Polda Bali Made Ayu Kusumadewi dalam orasinya menginformasikan bahwa pihaknya mengambil kebijakan menurunkan seluruh personel untuk memberi pelayanan kepada masyarakat mulai pukul 07.00-08.00 Wita.

Selain itu, Polda Bali juga membuat sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin menyampaikan aduan terkait situasi kamtibmas.

"Silakan aktifkan aplikasi Salak Bali, kami siap menerima dan menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat," katanya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x