facebook pixel

Persiapan Mudik, Komponen-Komponen Mobil Ini Bisa Dicek Ulang Sendiri

Ilustrasi periksa oli mobil (Thought)

Ilustrasi periksa oli mobil (Thought)

JAKARTA - Calon pemudik yang menggunakan mobil tidak salahnya mengecek ulang kondisi mobil sebelum berangkat. Hal itu penting dilakukan sebagai upaya menghindari adanya masalah di perjalanan.

Ada beberapa bagian yang harus diperiksa ulang dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel.

"Sebenarnya sih untuk perjalanan jauh, mengecek ban, oli, dan cek rem. Ketiga bagian itu kan merupakan komponen fast moving. Jadi satu supaya kalau ban enggak kenapa-kenapa di jalan enggak akan terjadi kecelakaan. Cek oli juga supaya lagi di perjalanan jauh enggak ada trouble. Terus rem, kalau lagi ngebut, lagi buru-buru kan harus butuh sistem pengereman yang maksimal. Rem harus dipastikan, apakah sudah tipis atau belum. Karena mudik kan perjalanan jarak lebih jauh, apalagi sekarang banyak tol," ujar Kurniadi Setiawan, product manager and planning PT Mercedes Benz Distribution Indonesia.

Ia menambahkan, mobil apa pun, baik dari merek permium maupun nonpremium, bagian yang paling penting untuk diperiksa adalah tiga komponen tersebut.

"Semua perlakuannya sama. Itu preventif saja biar enggak kenapa-kenapa di jalan. Itu kan komponen fast moving, kalau komponen fast moving akan terkikis seiring waktu pengunaan, cepet ausnya. Jadi kita cek saja mau perjalanan jauh supaya enggak bermasalah," terang Kurniadi.

Bila semua komponen sudah diperiksa dan kondisinya baik, maka kendaraan siap menempuh perjalanan jauh. Jangan lupa untuk selalu mampir ke posko mudik, karena bisa dimanfaatkan untuk memeriksa kembali kendaraan dan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak.

Bawa peta perjalanan dan siapkan nomor-nomor penting yang sewaktu-waktu bisa digunakan bila mengalami kendala di perjalanan. (san)

(ton)
​