facebook pixel

Soal Low MPV Wuling, Suzuki: Kami Punya Segmen Tersendiri

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (Foto: Santo/Okezone)

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Model pertama PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) yang akan dipasarkan di Indonesia adalah low multi purpose vehicle (MPV) Confero S. Mobil tersebut dibanderol mulai dari Rp130 juta.

Menanggapi kehadiran Wuling, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, produk yang dijual di segmen yang sama berbeda segmen pasar dengan mobil pabrikan China tersebut.

"Kalau menurut kami, kami punya segmen tersendiri. Dari mulai pertama kali kami luncurkan sampai dengan sekarang, ada beberapa perubahan dan pengembangan yang kami lakukan, pasarnya beda. Jadi, pada saat orang beli Suzuki, belinya Ertiga, sudah pasti mereka tahu kelebihan apa yang ada di produk-produk kami dan hal apa yang mereka cari secara fitur dan lainya," kata Donny, belum lama ini.

Ditambahkannya, kewajiban pelaku bisnis automotif tidak hanya menjual mobil saja, tapi juga menyediakan pelayanan purnajual seperti bengkel resmi dan sebagainya.

Wuling sendiri baru akan membangun 50 diler di seluruh Indonesia pada tahun ini.

"Penjualan mobil itu tidak hanya soal akuisisi saja tapi juga mengenai pengalaman purnajualnya bagaimana. Beli mobil kan tidak hanya beli dan kendarai saja, tapi juga merawat dan sebagainya. Ini yang bisa kami berikan kepada konsumen Ertiga. Sampai dengan hari ini kan kami sudah punya 315 outlet di seluruh Indonesia," papar Donny.

Soal pengaruh kehadiran Wuling, ia menilai akan berpengaruh terhadap penjualan low MPV di Indonesia.

"Dengan tawaran mereka yang seperti itu (harga murah), ada dua kemungkinan, yang pertama mereduksi pasar lain atau menambah pasar yang ada. Tapi kalau saya lebih cenderung akan menambah segmen itu sendiri," pungkas Donny. (san)

(ton)
​